Sudah Yakin Dengan Air Minum di Rumah?

July 15, 2014

kita pasti sudah paham benar betapa pentingnya air di dunia ini. bumi, sebagian besar adalah laut. tubuh manusia, 70% mengandung air. bahkan menurut sebuah penelitian, seorang manusia mampu bertahan hidup tanpa makanan selama kurang lebih 3 minggu, sedangkan tanpa minum hanya mampu bertahan sekitar 4-5 hari saja. hasil penelitian tersebut menunjukan betapa air adalah elemen penting bagi hidup manusia selain udara. bagi kehidupan manusia secara umum, air berguna untuk: mencuci, mandi, kegiatan MCK, dan minum. tapi tentu saja kita tidak mungkin menggunakan air untuk mencuci sama dengan yang kita gunakan untuk minum. mengapa? tentu tak akan terbayang betapa banyaknya mikroba merugikan yang terkandung di dalam setetes air itu. lalu, air seperti apakah yang masuk kategori layak minum bagi manusia?

thewellnessdoer.com
Pasal 1 Ayat 2 pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum menjelaskan bahwa: "air minum adalah air minum rumah tangga yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum."

dari pasal tersebut kita sudah dapat mengetahui bahwa air minum itu memiliki syarat tertentu untuk menjadi layak konsumsi. beberapa kategori air layak konsumsi adalah:

  1. warnanya bening. air yang sangat baik dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna, karena dapat meringankan kerja ginjal. selain air berwarna, maksud bening di sini adalah warnanya tidak keruh, kotor, atau kuning karena aktivitas mikroba jahat serta zat kimia di dalam tanah.
  2. tidak berbau. tentu saja, air minum yang memiliki bau-bau tertentu seperti bau besi atau anyir tidak akan baik bagi kesehatan. untuk mandi saja kita enggan menggunakan air yang bau, apalagi untuk minum yang jelas-jelas akan diolah oleh tubuh.
  3. tidak berasa. di sini, yang dimaksud tidak berasa bukanlah air minum yang diberi gula supaya manis. melainkan aroma yang terasa di rongga mulut seperti rasa besi atau agak pahit dan semacamnya. air yang layak konsumsi itu harus membuat rongga mulut dan tenggorokan nyaman dengan segala sifat khas yang dimilikinya.
  4. pH-nya netral. suatu zat dikatakan netral bila pH-nya berkisar antara 6,5-8,5. jika terlalu rendah maka akan terasa asam. sedangkan jika terlalu basa, malah akan terasa pahit.
  5. tidak mengandung zat kimia beracun. salah satu zat kimia yang sering terkandung di air adalah timbal karena zat ini berpotensi menyebabkan keracunan bagi siapapun yang mengkonsumsinya.
  6. tidak mengandung bakteri. salah satu makhluk mikroskopis yang harus dihindari adalah mikroba merugikan seperi E. coli yang akan mengakibatkan sakit perut apabila terlalu banyak hidup di dalam perut.
  7. kesadahan yang rendah. kesadahan air minum sendiri berhubungan erat dengan beberapa unsur seperti Ca, Mg, Mn, dan Fe. meskipun ion tersebut memang dibutuhkan oleh tubuh, namun bukan itulah yang cocok untuk kita. pengaruh jangka panjang yang terjadi jika terlalu banyak meminum air dengan kesadahan tinggi adalah rusaknya ginjal.
setelah melihat beberapa indikator tersebut, apakah air di rumah kita sudah memenuhi semua syaratnya? yakin dengan air galon yang digunakan sehari-hari? apalagi jika menggunakan air isi ulang sembarangan, entah berapa banyak mikroba jahat yang terkandung di dalamnya.

kali ini, postingan di blog ini akan menceritakan mengenai salah satu teknologi hebat karya manusia yang berhubungan dengan pemurni air agar kita mendapatkan air minum yang layak konsumsi.

water purifier, penjernih air, maupun pemurni air sepertinya bukan hal asing bagi kita semua. sudah banyak ditemukan water purifier dari bahan-bahan yang mudah didapat dan ramah lingkungan. namun, ada satu water purifier modern, canggih, ramah lingkungan, dengan harga terjangkau yang telah beredar di pasaran. benda itu adalah Pure It dari Unilever.
Pure It Marvella
apa keunggulannya? selain modern, canggih, ramah lingkungan, dan harganya terjangkau, Pure It memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh pemurni air konvensional lainnya seperti diciptakan dengan teknologi mutakhir masa kini dan desain yang menarik. bentuknya yang minimalis dan unik ini akan memberi nilai tambah apabila diletakkan di dalam rumah. lagipula ukuran Pure It sendiri tidak membutuhkan space yang terlalu besar di dalam rumah sehingga lebih praktis untuk ditempatkan di sudut mana pun dan membuat kita nyaman untuk tetap bergerak leluasa di rumah.

dengan keunggulan yang sangat banyak, orang-orang mengira penggunaannya akan rumit. namun sebenarnya sangat praktis. dengan 4 langkah pemurnian yang dilakukan Pure It, kita sudah dapat menikmati air minum yang layak dikonsumsi. apalagi Pure It Marvella merupakan produk terbaru yang dapat menampung hingga 4 liter air. dengan temuan pemurni air secanggih Pure It ini kita tidak perlu ragu lagi dengan kelayakan air yang kita konsumsi. air tanah sekalipun bisa langsung kita konsumsi dengan menggunakan Pure It.

4 Tahap Pemurnian Pureit Marvella
kini, tak akan ada lagi sakit perut karena kualitas air minum yang buruk. dengan water purifier Pure It yang praktis, hidup kita akan semakin sehat karena meminum air yang layak dikonsumsi. lakukan gerakan minum air putih rutin dan membawa air putih dari rumah untuk menjaga lingkungan dari sampah botol plastik serta merawat ginjal dari pekerjaan berat.

begitulah postingan di blog saya kali ini. semoga dapat menambah manfaat dan semakin yakin untuk tidak minum apapun selain air putih yang memenuhi kriteria.

BLOG INI MENGIKUTI KONTES DARI PURE IT: