A Lifetime Crisis

July 23, 2023

    Saya dulu setuju dengan istilah quarter life crisis, karena ketika memasuki usia 25-an ternyata banyak menghadapi kebingungan. Mulai dari merasa salah meniti karir, lalu bingung melanjutkan karir ke arah mana, pencapaian yang belum banyak, hubungan romantis yang "waduhhh", terlebih tidak pernah habis membandingkan diri dengan teman teman atau siapapun di usia yang sama.

    Sesaat saya berpikir "ah, ini ga bakal lama kok. nanti juga selesai, kan katanya badai pasti berlalu". ah, ternyata saya keliru. kalau meminjam kalimat lucu di internet, katanya "tenang, badai pasti berlalu. berlalu lalang". Ya, betul! berlalu lalang haha. Sampai usia masuk menuju 30 tahun juga masih banyak badai.

    Momen ini lah yang akhirnya menghasilkan ide bahwa saya gak percaya dengan istilah quarter life crisis, tapi lebih ke lifetime crisis. Alias, kesulitan itu akan selalu ada selama kita masih menjalani kehidupan.

    Iya, di usia masuk 30 tahun beberapa saat lagi juga saya masih sering galau kok, persis seperti saat saya masih remaja. Karir, percintaan, masa depan, ya itu lah yang memang dikeluhkan setiap harinya. Meski saat disyukuri, saya sudah banyak merasakan dan menjalani kehidupan yang dulu saya idam idamkan. Waktu dulu masih muda, saya penasaran gimana sih rasanya hidup sendirian, punya pekerjaan, punya uang sendiri, membeli barang dan melakukan hal yang saya inginkan menggunakan uang pribadi, mengejar posisi tertentu di pekerjaan. Sampai kemudian saya memasuki titik demotivasi. Berkali kali.

    Betul, berkali kali. Jiwa ini sudah tidak terlalu ambisius seperti masih muda. Pekerjaan yang terlihat menyenangkan dengan segala tantangannya sudah tidak menyenangkan lagi. Semakin naik, memang semakin kencang angin yang menghantam. Belum lagi adanya serangan dari banyak serangga.

    Grafik kehidupan yang cukup tinggi karena diisi dengan penuh semangat, ingin saya landaikan demi ketenangan batin. Pelajarannya, karena pernah merasakan beberapa titik kehidupan yang belum seberapa, tentu saya juga tau titik mana yang sedang ingin saya nikmati saat ini.

    Cukup dengan merasa tenang dan bahagia setiap hari.