If You Think That Post Graduation Life Is Better, Read This

December 07, 2016

this is the first post after my not-so-long break from blog.

saya, emang baru lulus sekitar dua bulan lalu. tapi, temen saya masih banyak yang berkutat sama skripsinya. dan kehidupan setelah bebas dari skripsian ini dianggap angin surga oleh kebanyakan mahasiswa, saya juga dulu mikir kalau temen yang udah lulus duluan - dari awal tahun ini - beruntung banget. setelah skripsi kelar semua, rasanya lega banget. udah ga ada kewajiban harus bolak-balik ketemu dosen dan nungguin revisi yang bisa sampai berminggu-minggu. udah ga perlu lagi bingung cari literatur untuk ngedukung data skripsi yang agak-agak miring. tapi, apa iya kaya gitu? kalau udah lulus itu rasanya kaya bisa nafas, apa iya?

yap,  saya mau cerita tentang how my life is going right now berdasarkan pertanyaan dan pernyataan yang paling sering dilontarkan:
"udah kerja di mana?"
"udah ngelamar ke mana aja?"
"lagi sibuk apa setelah lulus?"
"ciyeee yang udah lulus, enak deh. doain gue ya"
"ya ampun gue kapan ya lulusnya? ditinggal sama temen deh satu-satu"

AZCentral.com
pertama, pekerjaan dan kesibukan
the most heartbreaking question after "kapan lulus?", "mana pw-nya?" and before "kapan nikah?" is "udah kerja di mana?". ya ga bakal heartbreaking kalau ternyata orang yang ditanya udah punya kerjaan. kalau mau istirahat sebentar atau langsung cari-cari kerja sambil gelisah itu pilihan. apalagi untuk yang niat dan punya jiwa entrepreneur, kayanya ga perlu cari-cari lowongan, tapi tetep aja pasti ada kesulitannya masing-masing.

cari kerja itu ga segampang masuk kuliah. ketika kalian ga diterima di universitas pilihan, masih ada universitas lain, dan sama-sama bisa kuliah di waktu yang sama kaya orang lain. atau kalau mau tunggu tahun depan pun boleh aja, prosesnya pun singkat. kalau cari kerja itu prosesnya lama, bisa ada beberapa tahap dan bisa gagal di tahap mana pun. apalagi kalau tipe pilih-pilih kaya saya, sementara yang saya pilih itu ga buka lowongan mulu. atau ketika punya orang tua yang agak strict masalah kerjaan, rasanya kaya ga punya banyak pilihan. tapi perlahan saya bisa terima sikap orang tua yang kaya gitu. wajar kok, mereka udah ngerasain banyak kegagalan, kekecewaan, dan ngambil banyak pelajaran, jadi mereka gak mau anaknya nanti susah. apalagi orang tua udah mikir jauh duluan ke masa depan anak di hari tua, padahal anaknya udah siap nanggung semua risiko. tapi ya itu, wajar, namanya juga orang tua. terlebih kalau anak terakhir, the last hope

so far, saya udah ngelamar 5 kali. gagal 3 kali dan digantungin 2 kali. but actually no one knows. dari 3 itu sebenernya dua kali yang beneran gagal, sementara satu lagi adalah kesalahan saya sendiri. kegagalan pertama saya ada di A, yang ternyata mereka lebih prefer laki-laki. dari sekian banyak yang lolos tahap satu, perempuannya kurang dari sepuluh. saya gak merasa sedih atau kecewa, karena setelah itu saya tau bahwa institusi tersebut agak kacau dalemnya, merasa diselamatkan Tuhan.

kegagalan kedua di B ini adalah kesalahan, lebih tepatnya gak teliti, atau.....kebodohan. jadi, saya pede banget daftar B, seriusan pede banget. tapi begitu pengumuman, mereka malah minta maaf gara-gara saya ga lolos. ternyata setelah diricek, jurusan saya gak masuk persyaratan pendaftar hahahaha saya ngerasa konyol, ngapain daftar kalau ga menuhin syarat penting

SoulOfJakarta.com
kegagalan terakhir adalah yang terbesar karena ini adalah mimpi terdalam, yang bahkan saya rela menyerahkan jiwa raga untuk ini wkwk too much tapi beneran kok. kalau diliat dari perjuangan, untuk apply ke si C pun lebih banyak dibandingkan A sama B. saya apply di hari terakhir, 3 jam sebelum penutupan, dan webnya ngedown sekitar sepuluh menit sebelum saya klik "selesai". rasanya ketar-ketir, saya gak mau lah kehilangan kesempatan ini cuma karena website yang down. saya kasih tau, proses rekrutmen biasanya sekitar 3-4 tahap, tapi untuk yang satu ini sampai 6. super ketat, yang daftar aja sampai 80.000-an sementara kuota yang diterima cuma 400. singkat cerita, saya cuma berhasil sampai tahap 3. yaudah intinya gitu, what's past is past, ga usah dibahas kejauhan ya.
 
kedua, emangnya udah lulus enak?
mungkin lebih tepatnya: emangnya udah lulus tapi belum kerja enak? kaya yang udah saya tulis sebelumnya, waktu temen pada lulus duluan pun saya mikirnya gitu kok. iri ya udah ga ada beban. lah masa? masih ada kok, beban sosial. yakali tetangga juga sering banget nanyain udah kerja dimana. padahal dari jaman masih kuliah juga udah sering banget ditanyain skripsinya udah sampe mana, perhatian. udah lulus tapi belum kerja ini ga enak. ga punya uang dan belum ada kegiatan yang bisa menghasilkan uang. mau ke luar, udah ga ada alesan lagi. mau ke luar, males juga kalau akhirnya banyak yang nanya kerjaan. akhirnya diem aja di rumah, menjalani hidup di depan laptop, handphone, tv, dan di depan piring. mau magang atau kerja sambilan, kebanyakan untuk yang masih kuliah. sebenernya kalau mau apply mungkin bisa aja, toh masih banyak waktu luangnya. tapi sadar diri aja sih, sebagai orang yang gampang nyaman, saya khawatir ga bisa lepas dari sambilan tersebut dan keterusan jadi pegawai tetap, padahal goals-nya bukan itu. meskipun sebenernya ga masalah dan malah bagus kalau diangkat jadi pegawai tetap, but goals are goals.

apalagi banyak banget kegiatan untuk mahasiswa. pelatihan lah, seminar lah semuanya gratis. lah kami-kami ini mau ikut job fair aja kebanyakan bayar. gimana ceritanya, belum berpenghasilan tapi disuruh bayar mulu. sebenernya mau pergi main pun bingung sama siapa. sama temen yang udah kerja, susah waktunya. sama temen yang belum dapet kerja, nanti malah mellow karena sama-sama belum kerja. sama temen yang masih skripsian, lebih ga enak lagi perasaannya.

quickmeme.com
saya bukan ingin bikin takut menghadapi kehidupan pasca kuliah, tapi saya mau ngasih tau bahwa apa yang dianggep enak itu ga ada, dan apa yang dianggep ga enak pun ga ada. semua sama kaya sebelumnya, kesulitan di kuliah itu sama kaya saat masa transisi, cuma beda kemasan aja. so, please stop comparing yourself with saying that my life is better, because nothing gets better or worse. kalian mungkin ngerasa bahwa tingkat akhir ini berat banget, me too and other people too. tapi akhirnya kalian akan ada di fase ini, sama-sama ngerasain hal yang sama dengan banyak orang setelah lulus, entah itu mudah atau susah. gagal dan berhasil itu biasa kan? but i hope you'll be luckier!

this post dedicated to my friends and all college students who still have to fight their senior year. Go, Fight, Win!